Sabtu, 15 Juli 2017

Tips Pencegahan Mengatasi Virus Yang Berasal Dari Internet

Jika perangkat komputer anda terhubung dengan internet, maka harus dilakukan pencegahan dini secara berkala. Hal ini perlu anda lakukan agar komputer berjalan secara optimal dan data yang tersimpan aman dari serangan virus. Virus adalah satu-satunya yang menjadi musuh perangkat komputer anda.

Tips Pencegahan Mengatasi Virus Yang Berasal Dari Internet

Apa yang harus anda lakukan untuk mencegah virus masuk ke komputer ?

Yang paling utama adalah menggunakan sistem yang original. Menggunakan sistem yang original maka keamanan pun lebih maksimal. Komputer yang menggunakan sistem bajakan lebih rentan terkena virus. Menggunakan sistem os windows yang original/asli anda akan merasa lebih aman saat melakukan browsing tanpa khawatir ada virus masuk. Sistem windows yang asli menggunakan anti virus yang sifatnya untuk melindungi komputer. Anda tidak perlu melakukan install anti virus lainnya, karena secara otomatis windows yang asli menyediakan fasilitas anti virus seperti Microsoft Security Essential sebagai defender jika ada halaman web/blog yang mengandung virus.


Selain itu bagi pengguna internet saat ini disajikan oleh aplikasi gratisan yang sifatnya trial. Biasanya jika kita download bukan pada halaman resminya si pembuat aplikasi maka aplikasi tersebut rentan di tunggangi oleh virus. Virus akan aktif jika anda lakukan instalasi, yang kemudian akan menjalar pada sistem komputer anda.

Maka untuk mengatasi hal tersebut adalah anda harus mengenali betul-betul file tersebut, file yang berjenis application dan "exe" bukan jaminan bahwa file tersebut tidak mengandung virus. Jika anda menggunakan sistem original anda tidak perlu khawatir lagi jika file yang anda download tadi terdapat virus atau tidak. Karena ketika anda download otomatis sistem defender dari windows akan mendeteksi dan memblokirnya secara langsung.

Jika anda menggunakan sistem bajakan gunakanlah anti virus yang asli, dimana anda bisa mendapatkan update secara realtime begitu terkoneksi dengan jaringan internet. Jadi kesimpulannya adalah bersikap hati-hati terhadap aplikasi yang sifatnya gratisan kecuali pada halaman resminya. Dan gunakan sistem yang benar-benar original jika tidak gunakan anti virus asli. Data yang anda simpan adalah mungkin benar-benar mengandung privasi jadi anda harus bijak dalam mengatasi virus yang berasal dari internet ini.


EmoticonEmoticon