Sabtu, 15 Juli 2017

4 Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara Mengatasinya

Apa yang terjadi jika komputer mulai melambat ? Pastinya jika anda yang bekerja dalam kesehariaannya dengan komputer pasti akan memperlambat pekerjaan. Jika sudah begitu banyak pekerjaan yang tertunda. Beda lagi jika anda seorang pemain game tentunya sangat menggangu bukan ? Istilahnya komputer ngelek ! 

4 Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara Mengatasinya
Credit image by pixabay.com


Penyebab Komputer Melambat dan Cara Mempercepatnya

Penyebab melambatnya komputer dikarenakan terdapat beberapa kerusakan pada sistem dan perangkat keras. Yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu adalah perangkat keras yang anda gunakan seperti memori dan kartu grafis. Berikut ulasannya :

1. Tambah Memori

Menambah memori diperlukan jika komputer anda melambat. Minimum memori yang harus anda gunakan jika mengunakan sistem window 7 keatas adalah 4 GB. Jika memori yang anda gunakan sudah 4 GB namun komputer masihlambat  maka anda harus periksa Kartu Grafis.

2. Mengganti Kartu Grafis (VGA Card)

Jika kartu memori tidak menyelesaikan masalah cobalah menggunakan VGA Card add-on. Melambatnya komputer kemungkinan anda menggunakan program yang berat seperti Coreldraw atau Video Editor namun perangkat keras kartu grafis anda menggunakan VGA Card on Board yang sharing dengan memori. Baca  Mengenai Kedua VGA tersebut.

3. Anti Virus

Jika kedua solusi diatas sudah anda lakukan namun komputer masih melambat, kemungkinan terdapat virus yang menjangkit komputer anda. Virus seperti Spyware sangat mengganggu kinerja komputer. Gunakan anti virus original dan lakukan update untuk mengatasinya.

4. Cek Harddisk

Harddisk yang terkena bad sector akan memperlambat kinerja komputer karena perputaran tidak normal ketika terdapat bad sector pada harddisk. Lakukan defragmenting untuk mengatasinya supaya file kembali tertata rapih. Jika bad sector tidak bisa diatasi maka anda harus mengganti harddisk tersebut.

Dari beberapa penyebab diatas kesimpulannya adalah bahwa komputer yang melambat disebabkan karena program atau sistem yang terdapat dalam perangkat komputer anda tidak seimbang dengan perangkat keras (hadware) yang digunakan. Selain itu virus yang merayapi sistem anda menjadi kendala utama mengapa komputer menjadi lambat. Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon