Senin, 17 Juli 2017

Penyebab dan Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Tags

Pengertian Bad Sector

Pengertian Bad Sector adalah terdapat ruang kecil yang disebut sector mengalami kerusakan fisik yang sifatnyanya permanen yang menyebabkan sistem tidak dapat mengaksesnya ketika ada permintaan dari sistem untuk membaca dan menulis. Harddsik yang terkena bad sector dapat diperbaiki dengan beberapa cara, anda bisa mengeceknya terlebih kesehatan harddisk komputer yang anda gunakan sebelum dilakukan perbaikan.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector
Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector (getty image by pixabay)

Jenis kerusakan pada harddisk antara lain karena terjatuh, biasanya harddisk yang terjatuh bisa langsung mengalami kerusakan dan ini susah untuk diperbaiki. Tipe harddisk biasanya yang sering mengalami hal ini. Jenis kerusakan lainnya adalah yang disebabkan oleh aplikasi/program dan masih bisa dilakukan perbaikan.

Dari penjelasan diatas maka admin Galeri Cara akan berbagi ilmu bagaimana cara memperbaiki harddisk bad sector dan penyebab lainnya mengapa harddisk bisa terkena bad sector. Untuk mengatasi harddisk bad sector diperlukan kejelian untuk melakukannya. 

Tanda Hardisk Terkena Bad Sector

  • Jika hardisk komputer yang mengalami bad sector maka performa pada komputer akan menurun karena perputaran hardisk tidak dalam keadaan normal. 
  • Tanda lainnya terdapat bunyi yang terdengar keras ketika harddisk melakukan suatu perintah dari sistem maupun program.  
  • Ciri lainnya harddisk bad sector sistem akan hang ketika terdapat file yang terdapat dalam sector yang rusak ketika dilakukan untuk membaca.
Dalam dunia komputer terdapat dua tipe bad sector yang dinamakan physical dan logical. Physical Bad sector adalah suatu jenis kerusakan pada harddisk yang memiliki tingkat kerusakan paling tinggi (hard) dan susah untuk diperbaiki. Sedangkan pengertian logical bad sector adalah jenis kerusakan pada harddisk yang sifatnya ringan seperti yang diakibatkan oleh sofware/sistem ketika dilakukan perintah terdapat error correcting code (ECC). Jenis kerusakan seperti ini sebenarnya bukan bad sector tapi sistem operasi mengenalnya sebagai bad sector. 

Penyebab Harddisk Terkena Bad Sector

  • Penggunaan komputer yang over time akan membuat harddisk kepanasan dan mengalami apa yang dinamakan overheat.
  • Harddisk sering mengalami goncangan dan pernah terjatuh, hal ini bisa terjadi pada harddisk jenis eksternal karena sering dibawa-bawa.
  • Arus Listrik yang tidak stabil adalah sumber utama dari penyebab harddisk terkena bad sector.
  • Terdapat virus yang membuat sistem menjadi rusak.
  • Sering melakukan shutdown secara langsung.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Untuk memperbaiki Harddisk Bad Sector tanpa menggunakan sofware sudah bisa anda lakukan melalui tool perbaikan yang disediakan oleh windows sistem. Untuk melakukan perbaikan pada Harddisk Bad Sector anda bisa membuka jendela window explorer dan klik kanan pada Local Disk (C) jika disk C yang akan anda check. Kemudian klik Check Now dan Start, tunggu beberapa saat sistem akan melakukan scanning pada harddisk anda. Jika keterangan not error maka harddisk anda baik-baik saja.

Cara kedua untuk mengatasi harddisk bad sector adalah dengan menggunakan bantuan sofware khusus untuk mendeteksi Harddisk yang terkena Bad Sector. Untuk melakukan perbaikan Harddisk Bad Sector dengan sofware anda bisa mengunjungi halaman si pembuat hardisk. Misalnya menggunakan merk seagate atau maxtor, anda tinggal download untuk aplikasinya dan lakukan instalasi yang kemudian anda ikuti petunjuknya.

Agar kejadian bad sector tidak tidak terulang lagi maka segala penyebab yang membuat Harddisk Bad Sector anda hindari seperti ulasannya dibawah ini :

Cara Menghidari Harddisk Terkena Bad Sector

  1. Jika menggunakan komputer berikan jeda waktu untuk istirahat agar tidak terlalu panas. Gunakan kipas tambahan untuk mengeluarkan hawa panas.
  2. Jika harddisk eksternal yang biasa anda bawa sebaiknya bungkus dengan busa agar terjatuh tidak fatal akibatnya.
  3. Gunakan UPS agar ketika listrik mati komputer bisa tetap hidup dan kemudian matikan.
  4. Update selalu anti virus agar lebih aman.
  5. Hindari mematikan komputer secara langsung.
  6. Lakukan tool defragmenting namun jangan terlalu sering. Tool ini berfungsi untuk merapihkan file yang tersimpan dalam sector agar tidak berantakan. Caranya seperti diatas yang dijelaskan tadi dan pilih menu defragmenting.

Pentingnya melakukan pemeriksaan pada harddisk adalah agar anda tidak kecolongan yang artinya ketika anda mendapatkan harddisk bad sector dengan tingkat kerusakan tingkat tinggi, maka anda harus merelakan data yang anda simpan dalam hardsdisk tersebut. Lakukan backup data untuk mengatasinya. Selamat Belajar.  


EmoticonEmoticon