Sabtu, 15 Juli 2017

Fungsi dan Jenis VGA Card Komputer

Pengertian VGA Card (Kartu Grafis)

Pengertian VGA Card yang dalam bahasa Indonesianya di Sebut Kartu Grafis adalah suatu komponen elektronik yang terdapat dalam unit komputer (CPU) yang berfungsi untuk melakukan proses output (rendering) berupa visual untuk ditampilkan pada layar monitor. Kartu Grafis tersebut di tancapkan pada slot yang tersedia pada papan board (motherboard).
Fungsi, pengertian dan Jenis VGA Card Komputer (kartu grafis)

Selain melakukan rendering VGA Card juga memiliki fungsi untuk meningkatkan performa komputer agar menjadi lebih cepat. Pada komponen VGA Card terdapat Graphic Processing Unit (GPU) yang didukung dengan komponen lainnya seperti Memori. Karena adanya Processor didalam VGA Card maka dalam setiap perangkat VGA Card terdapat kipas pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu processor tetap normal. 

Apa yang terjadi jika kipas yang menempel pada heatsink tidak berputar alias mati ? Tentu saja performa komputer akan sedikit lambat terkadang bisa membuat hang. Hal yang paling fatal adalah terbakarnya processor yang  mengakibatkan layar menjadi mati (blank) dan anda harus menggantinya dengan yang baru. 

Jenis VGA Card Komputer

Terdapat 2 (dua) kategori VGA Card yang perlu anda ketahui yaitu VGA Card on Board dan VGA Card add-on. Mana yang lebih baik dari keduanya ? Tentu saja VGA Card yang mempunyai performa maksimal adalah jenis VGA Card add-on. Jenis VGA Card add-on mempunyai memori tersendiri dalam menjalankan sistemnya. Sedangkan VGA Card jenis on Board ketikan melakukan proses output menggunakan memori komputer.

Jenis VGA Card add-on diperlukan bagi anda yang selalu bekerja dalam dunia desain gambar 3D atau video editor. Pada unit komputer yang dijual di toko komputer kebanyakan menggunakan VGA Card on Board yang langsung tersemat pada papan motherboard. Namun anda tidak perlu khawatir jika anda ingin menggunakan VGA Card add-on terdapat slot tambahan pada motherboard untuk menggantinya. 

Kelemahan VGA Card on Board adalah hanya memiliki performa standar dimana komputer tersebut hanya digunakan untuk program ringan saja. Selain itu memori komputer akan menjadi berkurang karena sebagian digunakan VGA Card jenis on Board. Misalnya jika memori komputer anda mempunyai kapasitas 2 giga byte dan VGA Card on board anda memerlukan memori 256 MB agar bisa berjalan maka komputer anda akan berjalan menggunakan memori sebesar kurang lebih 720 MB. VGA Card jenis on Board tidak bisa digunakan untuk proses editing seperti video, jika dipaksakan VGA akan menjadi panas dan terjadi hang.

Kelemahan VGA Card add-on adalah dimana anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk membeli kartu grafis add-on standar anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih 600 ribuan, jika yang mempunyai kapasitas memori tinggi bisa di kisaran harga 2 jutaan. Selain itu anda harus mengganti power supply terlebih dahulu. Gunakan power suplly yang mempunyai daya 650 watt.

Nah itu fungsi dan jenis VGA Card yang perlu anda ketahui. Jika keperluan komputer anda hanya untuk program biasa saja gunakan komputer standar. Jika untuk proses editing siapkan biaya yang tidak sedikit. Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon